About


Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Ringkasan


Life Without Limits

            Nick Vujicic adalah seorang public speaker yang terlahir tanpa lengan dan tungkai. Namun ia tak terbatas dengan keterbatasannya. Ia berkeliling dunia untuk memberi semangat jutaan orang. Memang pada awalnya, orang-orang beranggapan bahwa seorang seperti Nick tidak mempunyai harapan masa depan. Namun kenyataan telah membuktikan bahwa ia sangat sukses.
            Ketika mengandung Nick, ibunya berusia 25 tahun, ia adalah seorang bidan. Dalam kehamilannya, ia merasa resah. Dan dari hasil test ultrasound, dokter tidak menemukan adanya kejanggalan. Hingga sampai akhirnya Nick lahir, mereka terkejut melihat kndisi bayinya tak berlengan dan bertungkai. Ibunya oun tak mau melihat kondisi bayinya dan menyingkirkannya. Sampai akhirnya mereka dapat menerima kehadiran Nick.
            Ketika memasuki masa remaja yang begitu sulit dan bingung mencari jati diri, ia merasa tak pernah bisa normal dan lebih buruk lagi ia mendapat cemoohan dari teman-temannya. Ia mengalami depresi dalam fikirannya, bahkan ia juga mencoba mengakhiri hidupnya. Namun ia menyadari bahwa ia cukup beruntung dengan kasih sayang dari orang-orang terdekatnya. Nick mulai bangkit dan ingin hidup mandiri tanpa menyusahkan orang lain walau orangtuanya rela melakukan apapun untuk Nick. Ia seorang yang keras kepala, atletis dan tangkas.

            Berawal dari prestasi informatifnya yang dilakikan di hadapan anak muda untuk menunjukkan bahwa ia sama seperti mereka. Suatu hari, ia berbicara di hadapan tiga ratus murid remaja berbagi tentang perasaan dan keyakinan. Dari sini membuatnya sadar bahwa menjadi berbeda mungkin bisa menyumbangkan sesuatu yang spesial kepada dunia.

            Ia mencari-cari metode bagaimana mengurus diri sendiri, mulai dari makan, berpakaian dan lainnya tanpa harus melibatkan dan menyusahkan orang lain. Nick tidaklah terbatas sampai sini, bahkan ia juga bermain musik, renang, berselancar dan main skate board. Selama masih bernafas, harapan selalu ada, milikilah keberanian untuk mengejar mimpi dan jangan pernah meragukan kemampuan menghadapi rintangan, berpegang teguh pada harapan membuat segala kemungkinan hadir untuk esuatu dedikasi.
            Walau memiliki keterbatasan fisik, keputusan ibunya tidak memasukkan Nick ke playgroup golongan cacat, ia tidak setuju orang harus dibatasi pada kelompok teman saja dan Nick harus bermain dengan anak normal lainnya.
            Nick memang tidak memiliki lengan dan tungkai, tetapi ia memiliki semua yang ia butuhkan. Ia memang keras kepala. Ia juga belajar berselancar tunggal kepada peselancar kelas dunia, Bethany di Hawai pada sebuah acara ceramah. Mendengar cerita Bethany yang baru saja kehilangan kakinya setelah diserang hiu, namun ia tidak menyerah pada kenyataan, ia tetap berselancar. Sebagai manusia kita tidak hanya menerima benih dalam kehidupan, tetapi harus menanamnya pada tanah subur. Di hati kita ketika jatuh karena cobaan kehidupan kehidupan kita dapat bertegang pada impian dan kehidupan lebih baik. Sesulit apapun dan sekeras apapun itu, harus bertahan.
            Menemukan tujuan hidup adalah langkah penting yang pertama untuk menjalani hidup tanpa batas. Kehidupan memang kadang kejam, kita harus mencari kekuatan dari dalam diri. Apabila tidak mampu, kita bisa mencarinya kepada Tuhan. Mencintai dan menerima diri adalah satu-satunya obat mujarab untuk menghilangkan rendah diri.
            Sikap adalah kualitas, karena tanpa sikap positif tidak akan pernah bisa mengalahkan keterbatasan. Menurut William James, seorang psikolog dan filosof yang mengajar di universitas Harvard, “salah satu penemuan terbesar di generasinya adalah munculnya pemahaman bahwa kita mengubah kehidupan kita dengan mengubah sikap kita.” Menanggapi sesuatu secara negatid dan tidak sehat akan membiarkan kondisi yang diluar kuasamu menguasai sikap dan tindakan serta akan semakin terjerumus.
            Sikap yang paling berpengaruh adalah:
1.Sikap Bersyukur
            Dengan bersyukur dan meninggalkan kesedihan atau keputusan dapat menaklukan segala cobaan.
2.Sikap Bertindak
            Mengambil sikap untuk bertindak menciptakan dorongan positif.
3.Sikap Berempati
            Gunakan duka, kemarahan, kesedihan untuk membantu memahami dan meringankan penderitaan orang lain dengan lebih baik.
4.Sikap Memaafkan
            Inilah sikap yang paling mulia sekaligus yang paling sulit karena untuk mencapai ini harus melalui tahap marah dan benci. Tapi jangan mempertahankannya.

            Takut bisa menghambat dalam mewujudkan impian. Para psikolog berpendapat sebagian besar rasa takut itu tidak nyata dan taklukanlah rasa takut itu.
            Kehidupan adalah serangkaian proses percobaan dan kegagalan. Keseuksesan adalah kemampuan untuk melangkah dari kegagalan satu ke kegagalan yang lain dengan antusiasme. Kita semua berkali-kali mengalami kegagalan, namun gagal itu seperti jatuh. Yang perlu dilakukan adalah selalu bangkit kembali. Jangan menyerah dalam mengejar mimpi dan jangan beranggapan gagal sebagai akhir dari segalanya.
1.Kegagalan adalah guru yang luar biasa
            Setiap langkah yang salah, tetaplah sebuah langkah, sebuah pelajaran, peluang untuk melakukannya dengan benar di kesempatan berikutnya.
2.Kegagalan membangun karakter
            Orang yang beranggapan diri gagal adalah orang yang tidak menyadari sudah seberapa dekat dengan kesuksesan. Setiap kegagalan yang dibuat adalah sebuah langkah untuknya.
3.Kegagalan memberi motivasi

            Menentukan pilihan bukan berdasarkan apa yang paling bermanfaat atau dianggap bagus sekarang, melainkan apa yang paling bermanfaat bagi target akhir. “Ketidaksempurnaan itu indah, kegiatan itu genius dan jadi orang gila-gilaan itu lebih baik daripada jadi orang yang membosankan.”

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar